Skip to main content

Cara Yang Benar Membuat Donat Kentang Biar Empuk

Mendengar kata Donat ? Apa yang terpikir di benak kalian? Ya, pasti di pikiran kalian terlintas makanan yang lezat , empuk dan tentunya ada lubang di tengahnya. Donat sendiri merupakan makan yang sudah cukup populer di Indonesia bahkan di dunia. Memilki rasa manis dan empuk membuat makan ini banyak di sukai oleh berbagai kalangan dari anak anak sampai orang tua.


Makanan yang satu ini memilki ciri khas yakni terdapat lubang di tengah bulatan . Dengan berbagai macam toping menambah selera makan bagi penikmatnya. Pada umumnya masyarakat Indonesia menggunakan toping berupa meses coklat dan gula salju. 

Mungkin kalian bertanya tanya mengapa Donat memilki lubang di tengahnya ? Ada beberapa teori  yang mengatakan bahwa yang menciptakan lubang donat itu bernama Hanson Gregory yang merupakan seorang pelaut Amerika yang berdagang. Dalam perjalannya di kapal, ia tidak menyukai makanan yang di sajikan di kapal tersebut. Hal ini ini di karenakan adonan makanan yang di sajikan hanya krispi di luar namun didalamnya masih mentah atau belum matang. Ia kemudian megusulkan untuk membuat lubang di tengah adonan tersebut supaya krispi di luar dan di dalamnya pun matang sempurna. Hal ini tentu masuk akal ya ?

Nah itulah sepenggal cerita megenai donat, bagi kalian pecinta kuliner Indonesia tentunya sering menikmati makan ini bersama teman atau keluarga dengan cara membeli di toko kue terdekat. Namun jika kalian ingin membuatnya sendiri dengan cara manual, saya akan membagikan cara dan tips membuat Donat supaya empuk dan mengembang sempurna.

Oke langsung saja kalian siapkan bahan bahan-ya:

Kentang yang sudah dikukus dan di haluskan
Tepung terigu 1/2 kg
Mentega 3 sdm
Gula Pasir 4 sdm
Ragi 11 gr
Air 200 cc
Susu Kental Manis 3 sdm
Susu bubuk 3 sdm
Garam 2 sdt
Telur 2 butir


Setelah semua bahan sudah siap . Berikut cara membuat-nya:

Pertama tama kocok dulu 2 butir telur di dalam mangkuk hingga berbusa, lalu tambahkan garam, gula pasir,tepung terigu, dan juga mentega. Aduklah sampai rata.
Selanjutnya tuangkan kentang yang sudah di haluskan
Masukkan ragi kedalam air lalu aduk hingga larut. Masukkan air ragi tersebut kedalam adonan. Uleni hingga merata.
Setelah seslesai mengu-leni adonan selesai. Tutuo mangkok dengan kain lagu diamkan selama 1 jam agar mengembang.
Proses pendiaman selama 1 jam selesai, sembari menunggu minyak panas. mulailah membentuk adonan menjadi donat dan jangan lupa memberi lubang ya...
Masukkan adonan yang sudah di bentuk tadi kedalam penggorengan. Supaya tidak gosong, gunakanlah api kecil untuk menggorengnya.
Tunggu warna donat menjadi kecoklatan lagu angkat dan dinginkan.
Donat kentang pun sudah jadi, olesi donat dengan mentega , tinggal anda menambahkan toping sesuai selera di atas donat dengan meses atau gula salju.


Nah itulah cara yang benar membuat donat kentang empuk dan mengembang sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda .



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar