Skip to main content

Cara Jitu Membuat Bakso Ayam Dengan Blender Yang Enak Untuk Dijual

Halo para pecinta kuliner Indonesia, jumpa lagi dengan saya disini yang akan membagikan berbagai macam resep dan cara membuat makanan dengan cara yang sederhana namun dengan hasil memuaskan. Pada jumpa kita kali ini saya akan membagikan cara membuat bakso ayam yang enak , baik untuk santapan di rumah bersama keluarga ataupun untuk kalian jual.


Bakso merupakan makan khas Indonesia yang sering kita jumpai di berbagai tempat baik di warung di pinggir jalan ataupun di mall kini tersedia juga. Bakso merupakan makanan yang di buat dari campuran daging dan tepung tapioka, baik daging sapi , daging ayam , udang ,ikan bahkan daging kerbau. Dam panyajian bakso ini pada umumnya di sajikan panas - panas dengan kuah kaldu sapi di campur dengan mie, taoge,tahu , telur dan lain lain tergantung selera. 

Makan yang satu ini memang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Berbagai macam jenis bakso kini pun banyak di tawarkan oleh penjual dalam bentuk beku yang sering kita jumpai di swalayan atau mall. Nah bagi kalian yang ingin berbisnis bakso ayam, tepat sekali jika kalian mengunjungi situs ini, karena disini saya akan membagikan cara membuat bakso ayam yang enak untuk di jual dengan biaya yang minim. 

Baiklah, tidak usah berlama lama, berikut cara membuat bakso ayam yang enak menggunakan blender:

Bahan :
  1. 500 gram daging sapi segar, cincang halus
  2. 400 gram daging ayam, cincang halus
  3. 180 gram tepung tapioka 
  4. 1 butir telur
  5. 1/2 sdt baking soda
  6. 1 siung bawang putih , cincang halus
  7. 300 gram es batu dihancurkan
  8. 4 batang daun bawang, potong-potong
  9. 3-4 batang daun seledri, potong-potong
  10. 1-1,5 sdt merica halus
  11. 4 sdt garam
  12. Penyedap rasa secukupnya

 Cara Membuat Bakso Ayam dengan Blender

1. Masukkan daging ayam yang sudah di potong potong kedalam blender dan pastikan tekstur dagingny sampai halus. Setelah itu tambahkan es batu kedalam blender agar daging tetap dingin dari putaran blender.
2. Selanjutnya haluskan bawang putih, daun bawang, sledri dan satu butir telur denga blender sampa halus.
3. Kemudian campurkan semua bumbu yang sudah di haluskan tadi dengan daging yang sudah di blender kedalam wadah besar . 
4. Aduk hingga rata dengan menggunakan mixer spiral. Tutup adonan dengan plastik wrap, diamkan adonan selama beberapa jam di kulkas agar saat dibentuk adonan dalam kondisi dingin.
5. Sambil menunggu daging dingin, masaklah air kedalam panci sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan dan ambil adonan bakso menggunakan dua sendok hingga berbentuk bulat. Masukkan bakso bulat kedalam air yang sudah mendidih tadi.
6. Nyalakan kembali air dengan ukuran api kecil supaya air tidak mendidih. Tunggu bakso hingga terampung dengan sendirinya dan bakso pun matang dengan sempurna

Setelah Bakso matang , sekarang kita akan membuat kaldu yang akan di sajikan dengan bakso ayam yang telah di buat.

Cara Membuat Kaldu
  1. Kaldu ayam cair 1000 mL (kaldu ini bisa kamu buat dari tulang ayam sisa dari ayam filet untuk membuat bakso, caranya dengan merebus tulang ayam tersebut selama 30 menit dengan air garam)
  2. Bawang putih 4 siung
  3. Daun bawang 2 batang
  4. Merica bubuk ½ sendok teh
  5. Saos bakso sesuai selera
  6. Kecap manis sesuai selera
  7. Seledri 1 batang
  8. Kaldu bubuk 1 sendok teh
  9. Gula pasir secukupnya
  10. Bawang merah goreng secukupnya
  11. Rebus air kaldu hingga mendidih. Sembari menunggu, tumislah bawang putih yang telah di haluskan dan setelah harum, angkat dan masukkan kedalam kuah kaldu.
  12. Masukkan irisan daun bawang dan semua bumbu kedalam air kaldu sambil di aduk aduk hingga air kaldu mendidih.
  13. Setelah air kaldu mendidih, masukkan bulatan bulatan bakso yang telah kalian buat tadi dan tutup selama kurang lebih 15 menit saja. Dan setelah 15 menit, bakso pun sudah siap untuk di sajikan dengan saos, kecap dan juga sambal.

Nah itulah cara membuat bakso ayam yang enak dan kenyal menggunakan blender. Semoga dengan saya berbagi cara membuat bakso ayam , dapat bermanfaat untuk kalian , baik di sajikan bersama keluarga ataupun untuk di jual.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar