Skip to main content

Soto Ayam Bening - Resep dan Cara Membuatnya

Halo para pecinta kuliner di manapun berada. Jumpa lagi dengan saya yang akan membagikan berbagai macam resep dan cara membuat makanan yang segar dan cocok untuk jualan. Bagi anda pecinta kuliner tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang cukup segar ini tentunya. Ya, Soto Ayam, kali ini saya akan membagikan resep membuat soto ayam bening yang akan membuat lidah anda bergoyang. 


Soto Ayam sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang menyerupai sup ayam dengan kuah yang agak kekuningan. Mengapa berwarna kuning? Warna kuning itu sendiri adalah warna yang di hasilkan oleh kunyit yang merupakan salah satu bumbu wajib membuat soto. Soto ayam kini sudah banyak di temukan di berbagai daerah dengan macam macam aneka rasa dan aneka nama diantaranya ada soto ayam madura, soto ayam santan dan masih banyak lainnnya . Bahan bahan yang di gunakan untuk membuat soto ayam ini pun  cukup mudah kita buat dan dapatkan di antaranya ada telur rebus, kentang, seledri, dan bawang goreng.  

Selain sebagai makan untuk keluarga, Soto Ayam bening inipun cocok untuk usaha anda dalam bisnis kuliner di karenakan makanan ini cukup banyak penikmatnya. Nah bagi anda yang ingin membuat Soto Ayam bening baik untuk di rumah ataupun untuk jualan, berikut resep dan cara membuat soto ayam bening yang segar dan enak tentunya.

Yang pertama kita harus siapakan bahan bahan untuk membuat Soto Ayam Bening:

1. 1 Kg Dada Ayam Kampung
2. 100 g Taoge
3. 100 g Soun
4. 2000 ml Air
5. Minyak Goreng

Setelah siap bahan, selanjutnya siapkan bumbu

1. 2 cm Jahe
2. 7 Siung Bawang Putih
3. 2 Lembar Daun Jeruk
4. 2 butir kemiri
5. 3 batang serai
6. 1 cm kunyit
7. 1/2 sendok lada butir
8. 2 sdt garam

Pelengkap

1. Bawang Merah Goreng
2. Daun Seledri
3. Sambal Cabe Rawit
4. Jeruk Nipis
5. Kecap Manis


Nah setelah semua bahan dan bumbu siap, kita lanjutkan cara memasak Soto Ayam Bening ini :
1. Pertama tama kita didihkan air, rebus ayam kampung dengan lengkuas dan daun salam.
2. Kemudian Masak hingga ayam empuk. Angkat daging ayam, goreng setengah kering, suwir2 dagingnya
3. Setelah itu Tumis bawang putih, kunyit, kemiri, jahe yang sudah di haluskan dengan 1 sendok makan minyak goreng hingga harum. 
4. Kemudian Tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan kaldu ayam. Tambahkan serai, lada, garam dan daun jeruk, aduk rata. Didihkan kembali. Angkat.
5. Setelah matang Siapkan mangkuk saji, atur soun, suwiran daging ayam, tauge. Tuang kuah soto panas di atasnya.
6. Nah Soto Ayam Bening kni sudah siap di sajikan dan jangan lupa Sajikan dengan taburan daun seledri dan bawang goreng. Hidangkan bersama sambal rawit, kecap manis .

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Silahkan kalian coba sendiri di rumah dengan cara yang seperti saya jelaskan di atas. Semoga dengan saya berbagi resep Soto Ayam Bening ini dapat bermanfaat untuk kalian sebagai makanan rumahan atau anda yang ingin berjualan.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar